Jumat, 25 Mei 2012

Geografi Regional Dunia_Madagaskar


NEGARA MADAGASKAR
madagas.gif
                                    250px-Madagascar-carte.png

INFORMASI UMUM NEGARA MADAGASKAR

Negara                                     : Madagaskar
Ibu kota                                   : Antananarivo
Bahasa resmi                           : Malagasi, Perancis, Inggris
Pemerintahan Republik           :  
Ø  Presiden : Andry Rajoelina (transisi)  
Kemerdekaan                                  : Dari Perancis 26 Juni 1960
Luas                                        : Total 587,040 km2
Mata uang                               : Ariary (MGA)
Zona waktu                             : (UTC+3)  -  Musim panas (DST)  (UTC+3)
Kode telepon                          : 261
Madagaskar terbagi menjadi   : 6 provinsi (faritany mizakatena) otonomi,…

Populasi:
21,9 juta

Perkotaan Populasi:
30%

Mayor Etnis dan Bahasa Groups:
Melayu-Indonesia, Cotiers, Prancis, India, Creole, Comoran -

Agama:
Tradisional keyakinan - 52%
Kristen - 41%
Muslim - 7%

Tingkat  Pertumbuhan Penduduk:
2,973%

Harapan Hidup:
63 tahun

Kematian Bayi:
68 per 1.000 kelahiran hidup

Angka Kematian Ibu:
510 per 100.000 kelahiran hidup

PDB Per Kapita:
$ 932

Persentase Pria Dewasa Literate:
76%

Persentase Wanita Dewasa Literate:
63%

Persentase Penduduk Dengan Akses
Untuk Air Minum Aman:
47%


Secara geologi, Madagaskar berada pada lempeng yang terpisah dari benua utama Afrika. Pertama kali terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak makin mendekati benua itu. Pulau ini adalah daratan tua, sama seperti Australia, sehingga tanahnya kahat bahan mineral akibat tidak adanya aktivitas vulkanik. Kebanyakan tanahnya berwarna merah, menunjukkan keadaan tanah yang telah melapuk.
Akibat isolasi ratusan juta tahun tersebut, flora dan fauna Madagaskar sangat khas dan banyak spesies endemik ditemukan di sana. Keadaan ini mirip dengan yang terjadi pada Pulau Sulawesi.
Manusia pertama yang menghuni Madagaskar berasal dari Nusantara, dan diperkirakan akibat hubungan dagang masyarakat Nusantara ke pantai timur Afrika pada awal-awal abad Masehi. Berdasarkan bukti leksikostatistika dan linguistika, bahasa Malagasi masih termasuk paling dekat dengan bahasa Maanyan, dan tergolong rumpun bahasa Austronesia. Etnis pribumi sendiri seperti Merina dan Betsileo adalah penutur bahasa Austronesia dengan fenotipe yang sering serupa dengan penduduk Indonesia dan Filipina. Seiring dengan peningkatan perdagangan, masyarakat dari pantai timur Afrika bermigrasi ke pulau ini. Penduduk Madagaskar sekarang adalah campuran dari kedua kelompok tersebut dengan berbagai derajat.
A.    LETAK, BATAS, DAN LUAS NEGARA MADAGASKAR
Ø Letak Astronomis          : Terletak diantara 12o LU – 26o LS dan antara
                                                43o BT – 50o BT
Ø Letak Geografis            : Lepas pantai tenggara Afrika di samudera Hindia yang di    pisahkan oleh selat Mozambik.
Ø Batas-batas Negara        :          
                        a. Sebelah timur     : samudra hindia
                        b. Sebelah Barat     : selat mozambik
                        c. Sebelah utara      : samudra hindia.
d. Sebelah selatan   : samudra hindia.
Ø Luas                                : Luas negara Madagaskar adalah 587,040 km2
B.     FAKTOR FISIK (CUACA DAN IKLIM) NEGARA MADAGASKAR
Madagaskar dianggap sebagai bagian dari Afrika selatan karena terletak di Samudra Hindia timur Mozambik . Ini adalah sebuah pulau besar yang memiliki dataran pantai sempit dengan dataran tinggi dan pegunungan di tengahnya. Gunung Madagaskar tertinggi adalah Maromokotro di 9.435 kaki (2.876 m).
Iklim Madagaskar bervariasi berdasarkan lokasi di pulau itu tetapi tropis sepanjang wilayah pantai, pedalaman dan beriklim kering di bagian selatan. Modal Madagaskar dan kota terbesar di Antananarivo, yang terletak di bagian utara negara ini agak jauh dari pantai memiliki suhu Januari rata-rata tertinggi sampai 82 ° F (28 ° C) dan rata-rata Juli terendah 50 ° F (10 ° C).
Madagaskar yang paling terkenal di seluruh dunia untuk keanekaragaman hayati yang kaya dan hutan hujan tropis . Pulau ini merupakan rumah bagi sekitar 5% dari tanaman di dunia dan spesies hewan dan sekitar 80% dari mereka adalah endemik atau asli hanya untuk Madagaskar. Ini termasuk semua spesies lemur dan sekitar 9.000 spesies tanaman yang berbeda. Karena isolasi mereka di Madagaskar, banyak spesies endemik juga terancam atau hampir punah akibat penggundulan hutan meningkat dan pembangunan. Untuk melindungi spesiesnya, Madagaskar memiliki banyak taman nasional, dan alam dan suaka margasatwa. Selain itu, ada beberapa UNESCO Situs Warisan Dunia di Madagaskar disebut Hutan hujan dari Atsinanana tersebut .
C.    HIDROLOGI  NEGARA  MADAGASKAR
Dua kelompok cekungan besar dapat dibedakan di Madagaskar: yang menguras ke barat hingga Selat Madagaskar dan yang mengalir ke timur ke Samudera Hindia. Curah hujan di Madagaskar bervariasi dari yang hutan hujan tropis untuk kondisi padang pasir dekat. Jenis irigasi bervariasi sesuai dengan tiga wilayah ekologi utama negara: Dataran Tinggi, Barat dan Pantai Timur sempit. Karena ketinggian tinggi, di Dataran Tinggi musim kemarau (Juni-Oktober) adalah dingin, yang membatasi produksi tanaman. Barat adalah panas dan musim kemarau sangat panjang, sampai sembilan bulan di ujung selatan-barat. Curah hujan bisa kurang dari 400 mm / tahun. East Coast adalah hangat dan lembab dengan curah hujan yang dapat melebihi 3000 mm / tahun dan dengan musim kering hampir tidak ada. Potensi irigasi diperkirakan mencapai 1,5 juta hektar dan lebih dari 70% daerah ini sudah manfaat dari irigasi, meskipun wilayah luas perlu rehabilitasi.
TABEL  Madagaskar: irigasi potensial, kebutuhan air dan daerah di bawah irigasi
Negara
Irigasi potensial (ha)
Irigasi Bruto potensi air kebutuhan
Area di bawah irigasi (ha)


per ha (m 3 / ha per tahun)
total (3 km / tahun)

Barat
1000000
16000
16.000
700000
Timur
500000
14500
7.250
387000
Untuk Madagaskar
1500000

23.250
1087000
Sumber daya air terbarukan diperkirakan 337 km ³ / tahun, yang hampir 15 kali jumlah air yang dibutuhkan untuk pengembangan potensi irigasi.
Jumlah sumber daya air terbarukan: 337 cu km (1984)
Definisi: Entri ini menyediakan ketersediaan air jangka panjang rata-rata untuk sebuah negara di kilometer kubik curah hujan, air tanah diisi ulang, dan aliran permukaan dari negara-negara sekitarnya. Nilai-nilai telah disesuaikan untuk memperhitungkan tumpang tindih akibat resapan aliran permukaan dari sumber air tanah. Jumlah sumber air yang dapat memberikan jumlah air yang tersedia bagi suatu negara tetapi tidak termasuk total sumber daya air yang telah disediakan untuk negara-negara hulu atau hilir melalui perjanjian internasional. Perhatikan bahwa nilai-nilai ini rata-rata dan tidak secara akurat mencerminkan total yang tersedia pada suatu tahun tertentu. Sumber daya yang tersedia Tahunan dapat sangat bervariasi karena variasi iklim dan cuaca jangka pendek dan jangka panjang.
D.    TOPOGRAFI NEGARA MADAGASKAR
Topografi peta Madagaskar. Dari pantai timur negeri itu naik cepat balik dataran pantai sempit untuk ketinggian 3000-5000 ft di tepi dataran tinggi berbukit yang menempati bagian tengah seluruh pulau. Dataran tinggi lereng off secara bertahap ke barat dan merupakan dasar untuk dataran tinggi vulkanik sedikit, tertinggi yang mencapai ketinggian 9450 m ft/2880. Madagaskar dapat dibagi menjadi lima wilayah geografis: pantai timur, Massif Tsaratanana, dataran tinggi tengah, pantai barat, dan barat daya. Ketinggian tertinggi sejajar pantai timur, sedangkan lahan lereng lebih secara bertahap ke pantai barat.
Pantai timur terdiri dari sebuah band sempit dataran rendah, sekitar lima puluh kilometer lebar, terbentuk dari sedimentasi tanah aluvial, dan zona menengah, terdiri dari tebing curam bergantian dengan jurang yang berbatasan dengan tebing curam sekitar 500 meter di ketinggian, yang memberikan akses ke dataran tinggi tengah. Wilayah pesisir membentang dari utara sekitar Baie d'Antongil, fitur yang paling menonjol di pantai timur pulau dibentuk oleh Semenanjung Masoala, ke paling selatan pulau. Garis pantai yang lurus, dengan pengecualian teluk, menawarkan kurang di jalan pelabuhan alami dari pantai barat. Terusan des Pangalanes (Lakandranon 'Ampalangalana), sebuah laguna 800-kilometerlong terbentuk secara alami oleh permandian pasir sampai di pulau itu oleh arus Samudera Hindia dan oleh pendangkalan sungai, adalah fitur dari pantai, telah digunakan baik sebagai sarana transportasi atas dan ke bawah pantai dan sebagai area memancing. Pantai miring tajam ke dalam air yang dalam. Pantai timur dianggap berbahaya bagi perenang dan pelaut karena banyaknya hiu yang sering garis pantai.
Wilayah Tsaratanana Massif di ujung utara pulau berisi, di 2.880 meter, titik tertinggi di pulau itu dan, utara ini, Montagne d'Ambre (Ambohitra), yang merupakan asal vulkanik. Pantai ini sangat menjorok, dua ciri yang menonjol adalah pelabuhan alam yang sangat baik di Antsiranana (Diego Suarez), tepat di sebelah selatan Cap d'Ambre (Tanjon 'i Bobaomby), dan pulau besar Nosy-Be ke barat. Topografi pegunungan ke selatan, namun, membatasi potensi pelabuhan di Antsiranana oleh menghambat arus lalu lintas dari bagian lain dari pulau itu.
Pusat dataran tinggi, yang berkisar dari 800 sampai 1.800 meter di ketinggian, mengandung berbagai macam topografi: bulat dan mengikis bukit, singkapan granit besar, gunung berapi punah, peneplains terkikis, dan dataran aluvial dan rawa-rawa, yang telah dikonversi menjadi sawah irigasi . Dataran tinggi tengah memperpanjang dari Massif Tsaratanana di utara ke Massif Ivakoany di selatan. Mereka didefinisikan lebih jelas oleh tebing curam di sepanjang pantai timur, dan mereka lereng lembut ke pantai barat. Dataran tinggi tengah meliputi Plateaux Tinggi Anjafy; formasi vulkanik Itasy (Danau Itasy itu sendiri ditemukan di kawah gunung berapi) dan Massif Ankaratra, mencapai ketinggian 2.666 meter, dan Massif Ivakoany di selatan. Para Isalo Roiniforme Massif terletak di antara dataran tinggi tengah dan pantai barat. Antananarivo, ibukota negara, terletak di bagian utara dataran tinggi tengah di 1.468 meter di atas permukaan laut. Fitur yang menonjol dari dataran tinggi tengah adalah lembah keretakan berjalan utara ke selatan, terletak di sebelah timur Antananarivo dan termasuk Lac Alaotra, tubuh terbesar air di pulau itu, memiliki panjang empat puluh kilometer. Danau ini terletak 761 meter di atas permukaan laut dan berbatasan dengan dua tebing, naik 701 meter ke barat dan 488 meter ke timur, yang membentuk dinding-dinding lembah yang menyerupai lembah-lembah celah Afrika Timur. Daerah ini telah mengalami penurunan geologi, dan tremor bumi sering terjadi di sini.
Pantai barat, terdiri dari formasi sedimen diendapkan dalam beberapa lapisan dari waktu ke waktu, lebih menjorok dari pantai timur, terutama di barat laut, sehingga menawarkan sejumlah pelabuhan halus terlindung dari badai, seperti pelabuhan di Mahajanga. Teluk dalam dan dilindungi dengan baik pelabuhan telah menarik penjelajah, pedagang, dan bajak laut dari Eropa, Afrika, dan Timur Tengah sejak zaman dahulu, dengan demikian, daerah itu telah menjabat sebagai jembatan penting antara Madagaskar dan dunia luar. Namun dataran aluvial yang luas ditemukan di pantai antara Mahajanga dan Toliara, yang diyakini memiliki potensi pertanian yang besar, yang tipis dan tetap dihuni sebagian besar dieksploitasi.
Barat daya ini berbatasan di sebelah timur dengan Massif Ivakoany dan di sebelah utara oleh Isala Roiniforme Massif. Ini mencakup dua daerah di sepanjang pantai selatan, Dataran Tinggi Mahafaly dan wilayah padang pasir yang ditempati oleh orang Antandroy.
Para Mananara dan Mangoro sungai mengalir dari dataran tinggi tengah ke pantai timur, seperti halnya Maningory, yang mengalir dari Danau Alaotra. Sungai lainnya yang mengalir timur ke Samudera Hindia termasuk Bemarivo, para Ivondro, dan Mananjary tersebut. Sungai-sungai ini cenderung pendek karena DAS ini terletak dekat dengan pantai timur. Karena ketinggian curam, mereka mengalir cepat, sering lebih air terjun spektakuler. Sungai-sungai yang mengalir ke pantai barat dan bermuara ke Selat Mozambik cenderung lebih panjang dan lebih lambat, karena kemiringan lebih bertahap dari tanah. Sungai-sungai besar di pantai barat adalah Sambirano, yang Mahajamba, yang Betsiboka (pelabuhan Mahajanga terletak di mulut), Mania, para Utara dan Selatan Mahavavy, Mangoky, dan Onilahy tersebut. Para Ikopa, yang mengalir Antananarivo masa lalu, adalah anak sungai dari Betsiboka. Sungai Mangoky memiliki luas cekungan dari sekitar 50.000 kilometer persegi; Sungai Ikopa dan Sungai Betsiboka memiliki daerah cekungan seluas 18.550 dan 11.800 kilometer persegi, masing-masing. Sungai utama di selatan, Mandrare, memiliki daerah cekungan dari beberapa 12.435 kilometer persegi, tapi itu berjalan kering selama bulan-bulan tertentu di wilayah gurun. Danau penting, selain Alaotra, termasuk Kinkony Danau di Ihotry barat laut dan Danau di barat daya.
Madagaskar telah disebut "Great Red Island" karena dominan seharusnya tanah laterit merah. Tanah merah mendominasi di dataran tinggi, meskipun ada tanah yang jauh lebih kaya di daerah aktivitas gunung berapi mantan - Itasy dan Ankaratra, dan Tsaratamana ke utara. Sebuah band sempit tanah aluvial ditemukan di sepanjang pantai timur dan pada mulut sungai besar di pantai barat, tanah liat, pasir, dan campuran batu kapur yang ditemukan di barat; dan laterit dangkal atau rangka dan batu kapur yang terletak di selatan.
E.     PENDUDUK NEGARA MADAGASKAR
Manusia pertama yang menghuni Madagaskar berasal dari Nusantara, dan diperkirakan akibat hubungan dagang masyarakat Nusantara ke pantai timur Afrika pada awal-awal abad Masehi. Berdasarkan bukti leksikostatistika dan linguistika, bahasa Malagasi masih termasuk paling dekat dengan bahasa Maanyan, dan tergolong rumpun bahasa Austronesia. Etnis pribumi sendiri seperti Merina dan Betsileo adalah penutur bahasa Austronesia dengan fenotipe yang sering serupa dengan penduduk Indonesia dan Filipina. Seiring dengan peningkatan perdagangan, masyarakat dari pantai timur Afrika bermigrasi ke pulau ini. Penduduk Madagaskar sekarang adalah campuran dari kedua kelompok tersebut dengan berbagai derajat.
Etnis Groups: 18 kelompok suku terpisah dari Melayu-Indonesia, keturunan Afrika dan Melayu Indonesia, dan Arab campuran, Prancis, India, Creole, Comoran. Agama: Adat kepercayaan 52%, Kristen 41%, Muslim 7%.

F.     TINGKAT PENDIDIKAN NEGARA MADAGASKAR
Pendidikan di Madagaskar memiliki sejarah panjang dan terhormat. Sekolah formal mulai dengan pelaut Arab abad pertengahan, yang mendirikan beberapa sekolah dasar Islam (kuttabs) dan mengembangkan transkripsi dari bahasa Malagasi menggunakan tulisan Arab , yang dikenal sebagai sorabe . Sekolah-sekolah ini hanya bertahan sebentar, dan pendidikan formal adalah hanya untuk kembali di bawah abad ke-19 Kerajaan Madagaskar ketika dukungan dari raja-raja dan ratu berturut diproduksi sistem sekolah yang paling berkembang umum di zaman sebelum kolonial Sub-Sahara Afrika. Namun, sekolah formal sebagian besar terbatas pada dataran tinggi tengah di sekitar ibu kota Antananarivo dan banyak dikunjungi oleh anak-anak dari kelas bangsawan ( Andriana ). Di antara segmen lain dari populasi pulau tersebut, pendidikan tradisional didominasi melalui awal abad 20. Transmisi ini informal keterampilan pengetahuan komunal, dan norma-norma adalah berorientasi pada mempersiapkan anak-anak untuk mengambil tempat mereka dalam hierarki sosial didominasi oleh sesepuh masyarakat dan khususnya para leluhur (razana), yang diyakini untuk mengawasi dan mempengaruhi peristiwa-peristiwa di bumi.
Pendidikan diprioritaskan di bawah Presiden Marc Ravalomanana (2001-2009), yang berusaha untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan formal dan non formal. Sebuah kampanye besar sekolah, perluasan renovasi dan konstruksi telah ditambah dengan rekrutmen dan pelatihan puluhan ribu guru lagi. Inisiatif ini didukung dengan dana dari organisasi antar pemerintah seperti Bank Dunia dan UNESCO , dan hibah bilateral dari berbagai negara, termasuk Perancis , yang Amerika Serikat dan Jepang . Tujuan pedagogis kunci dari reformasi ini termasuk pergeseran dari gaya, pengajaran tradisional didaktik ke bentuk yang berpusat pada siswa instruksi berbasis di sekitar kerja kelompok sering. Pada 2009, Madagaskar adalah pada target untuk mencapai Pendidikan untuk Semua Tujuan dari pendaftaran umum pada tingkat primer. Prestasi siswa, kualitas guru, kekurangan luas bahan dan akses ke sekolah menengah dan tersier terus menjadi tantangan, seperti kemiskinan terkait kendala seperti pengulangan yang tinggi dan tingkat putus sekolah dan kesehatan siswa miskin. Para krisis politik 2009 di Madagaskar mengakibatkan terhentinya semua kecuali bantuan darurat kepada negara, lebih memperburuk kemiskinan terkait tantangan dan mengancam akan membatalkan kemajuan baru-baru ini banyak di sektor pendidikan.
Madagaskar pendidikan meliputi sejumlah sekolah, akademi dan universitas. Madagaskar pendidikan adalah wajib bagi anak-anak antara kelompok usia 6 sampai 14.

Lamanya pendidikan dasar di Madagaskar adalah 5 tahun. Pendidikan dasar diberikan kepada anak-anak dari kelompok usia antara 6 sampai 11. Lamanya pendidikan menengah di Madagaskar adalah 7 tahun. Pendidikan menengah dibagi menjadi tahap menengah pertama dan tahap menengah. Anak-anak dari 12 sampai 15 tahun menghadiri tahap menengah pertama dan anak-anak dari 16 ke 18 tahun hadir tahap SLTA. Lamanya tahap menengah pertama adalah 4 tahun dan untuk tahap menengah, durasi adalah 3 tahun. Setelah selesai tingkat SMP, sertifikat yang diterima oleh lulusan. Setelah menyelesaikan sekolah menengah, baccalauréat diterima oleh lulusan. Sekolah-sekolah Madagaskar termasuk Sekolah Amerika Antananarivo, Rusia Kedutaan Besar Sekolah, Sekolah Tinggi Amerika, dll
Kuliah professionelle mirip dengan tahap menengah pertama dan perguruan tinggi teknik ini mirip dengan tahap SLTA.
Selama tahun 2000, tingkat melek huruf dewasa di Madagaskar adalah 66,5%. Madagaskar memiliki universitas didefinisikan dengan baik dan perguruan tinggi sistem pendidikan, katering untuk kebutuhan studi yang lebih tinggi di pulau ini. Universitas Madagaskar termasuk Universite d'Antananarivo, Universite de Mahajanga, Universite de Toamasina, dll
G.    PEREKONOMIAN NEGARA MADAGASKAR
Beberapa tahun terakhir, negara telah meluncurkan program yang spesifik dalam berbagai bidang dan telah melakukan tambahan sumber daya yang diperoleh dari bantuan untuk layanan utang di sektor social penting (kesehatan, pendidikan, keadilan, penduduk dan perlindungan sosial). Situasi selama tiga tahun terakhir telah dicirikan sebagai berikut:
Sebuah peningkatan kinerja secara keseluruhan dengan pertumbuhan rata-rata 5,0%, meningkat dari 4,6% pada tahun 2005 menjadi 6,2% pada tahun 2007;
Ø   Peningkatan investasi swasta diperkirakan mencapai 12,3% dari PDB pada tahun 2005 dan pada 28,3% pada tahun 2007, yang dipupuk peningkatan PDB riil per kapita;
Ø   penurunan yang signifikan pada tingkat inflasi, dari 11.5% di 2.005-10,8% pada tahun 2006 dan 8,2% pada tahun 2007 (akhir periode);
Ø   perbaikan lingkungan ekonomi secara keseluruhan sebagaimana tercermin dalam tren dalam persepsi korupsi indeks yang meningkat dari 1,7 pada tahun 2002 menjadi 2,8 pada 2005 dan menjadi 3,2 pada tahun 2007 (Transparency International);
Ø   Peningkatan aliran signifikan langsung investasi asing diamati pada tahun 2006 dan 2006, masing-masing sebesar 150.5 million SDR dan 652.1 million SDR meskipun banyak kendala yang dirasakan oleh beberapa sektor.
Kopi, gula, vanili, kain katun, produk-produk minyak bumi, kromit, dan kerang adalah ekspor utama Madagaskar.
Produk makanan, minyak bumi, barang modal, dan barang-barang konsumsi merupakan yang dominan impor. Perancis, Jerman, Inggris, Italia, Afrika Selatan, Mauritius, Cina, dan Hong Kong adalah negara perdagangan utama Madagaskar.
Sumber daya alam: Grafit, kromit, batubara, bauksit, garam, kuarsa, pasir ter, batu semimulia, mika, ikan, tenaga air.
Produk Pertanian: kopi, vanili, tebu, cengkeh, kakao, beras, ubi kayu (tapioka), kacang, pisang, kacang, produk ternak.
Industri: pengolahan daging, sabun, tempat pembuatan bir, penyamakan kulit, gula, tekstil, gelas, semen, mobil perakitan, kertas, minyak bumi, pariwisata.
Ekspor mitra       : Perancis 37,4%, Amerika Serikat 29,2%, Jerman 5,5%, Mauritius 5,2% (2003)
Impor mitra: Cina 14,2%, Prancis 13,2%, Afrika Selatan 6,4%, Iran 6,2% (2003)

H.    POLITIK DAN KEBUDAYAAN NEGARA MADAGASKAR
Politik Madagaskar berlangsung dalam kerangka semi-presidensial demokrasi perwakilan republik , dimana Presiden Madagaskar adalah kepala negara dan Perdana Menteri Madagaskar adalah kepala pemerintahan , dan dari pluriform sistem multipartai. Kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh pemerintah. Kekuasaan legislatif dipegang baik di pemerintah dan Senat dan Majelis Nasional . Para Kehakiman independen dari eksekutif dan legislatif.
Pemilihan presiden diadakan pada tanggal 25 November 1992, setelah Mahkamah Konstitusi Tinggi memutuskan, atas keberatan Hery Velona, ​​bahwa Ratsiraka bisa menjadi kandidat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar